Penyakit Jantung Bocor: Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

0
10
jantung bocor
jantung bocor

Penyakit Jantung Bocor merupakan suatu kelainan struktur jantung dimana terdapat lubang pada sekat jantung. Jantung bocor kerap dihubungkan dengan penyakit jantung bawaan (congenital heart disease) karena umumnya penyakit ini merupakan bawaan sejak lahir.

Oleh karena itu, sebagian besar penderita jantung bocor adalah bayi dan anak-anak, meskipun demikian tidak menutup kemungkinan penyakit jantung bocor juga dapat diderita oleh orang dewasa.

Angka menunjukkan, ada sekitar 4 sampai 75 persen dari setiap 1000 kelahiran bayi berisiko terkena penyakit Jantung Bocor. Angka ini cukup tinggi dan penyakit jantung bocor merupakan salah satu penyebab tingginya jumlah kematian bayi baru lahir.

Penyebab Penyakit Jantung Bocor

Penyakit jantung bocor merupakan suatu kelaian atau anomali dalam struktur jantung yang mengalami ketidaksempurnaan selama proses pembentukan organ jantung pada janin dalam kandungan.

Organ jantung terdiri dari 4 ruang, yaitu 2 ruang di bagian atas yang disebut serambi kanan dan serambi kiri, serta 2 ruang di bagian bawah yang disebut bilik kanan dan bilik kiri.

Serambi kanan dan bilik kanan memiliki fungsi untuk menerima dan mengantarkan darah yang mengandung karbon dioksida dari tubuh ke paru-paru.

Sementara serambi kiri dan bilik kiri memiliki fungsi untuk menerima darah dari paru-paru yang mengandung oksigen dan memasoknya ke seluruh tubuh.

Di antara setiap ruang pada jantung terdapat sekat yang berfungsi untuk mencegah tercampurnya darah yang kaya oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida. Karena apabila terjadi percampuran tersebut, maka jantung dikatakan tidak dapat berfungsi secara normal.

Penyebab terjadinya jantung bocor diawali sejak proses pembentukan organ jantung pada janin di masa awal pembuahan. Pada kondisi normal, struktur jantung seharusnya sudah terbentuk dengan sempurna pada akhir masa trimester pertama kehamilan.

Tetapi tidak demikian halnya pada bayi lahir yang menderita jantung bocor, proses pembentukan organ jantungnya tidak terjadi secara sempurna.

OPERASI JANTUNG BOCOR

Gejala Penyakit Jantung Bocor

Gejala yang muncul pada seseorang yang menderita penyakit jantung bocor cukup beragam, mulai dari gejala yang ringan sampai yang bisa mengakibatkan kematian.

Beberapa kondisi tubuh yang bisa dianggap gejala jantung bocor, antara lain:

  • Mudah lelah

  • Sering mengalami kondisi sesak napas

  • Napas pendek dan sering batuk (khusunya pada malam hari)

  • Rasa nyeri di bagian dada

  • Detak jantung lebih cepat

  • Frekuensi buang air kecil yang terlalu sering

  • Sering pusing dan mudah pingsan

Sementara itu untuk gejala penyakit jantung bocor pada bayi dapat diwaspadai jika bayi tersebut mudah sakit, sering kelelahan, susah minum susu, dan berat badannya susah mengalami kenaikan.

jantung bocor pada bayi
jantung bocor pada bayi

Penanganan dan Cara Pengobatan Penyakit Jantung Bocor

Ketika seseorang atau anggota keluarga ada yang mengalami kondisi jantung bocor, langkah apa yang sebaiknya dilakukan?

Sejumlah langkah penanganan bisa kita lakukan apabila seseorang diketahui mengalami gejala penyakit jantung bocor, antara lain:

  • Lakukan pemeriksaan medis untuk memastikan bahwa benar orang atau anak tersebut menderita penyakit jantung bocor.
  • Proses pemeriksaan biasanya dilakukan menggunakan rontgen. Namun, jika diperlukan pemeriksaan lanjutan juga akan dilakukan dengan menggunakan elektrokardiogram (EKG)
  • Apabila hasil diagnosa memastikan bahwa pasien mengalami jantung bocor, maka barulah proses penyembuhan dapat dilakukan.
  • Akan tetapi, proses pengobatan jantung bocor belum dapat dilakukan ketika masih janin. Penanganan jantung bocor baru bisa dilakukan ketika bayi sudah menginjak usia tiga bulan.
  • Proses penyembuhan jantung bocor oleh pihak medis juga mempertimbangkan beberapa kondisi, meliputi usia dan kondisi fisik pasien.

Cara penyembuhan penyakit jantung bocor biasanya dengan melakukan operasi jantung, dimana dada pasien akan dibedah atau dengan metode kateterisasi.

Namun demikian, tidak semua pasien jantung bocor dapat dilakukan kateterisasi. Terutama bila letak kebocoran berada di bagian agak ke bawah, metode kateterisasi akan sulit untuk dilakukan. Cara penyembuhannya harus tetap dibedah terbuka.

Selain melakukan proses penyembuhan secara medis, penyakit jantung bocor juga bisa disembuhkan dengan pengobatan alternatif atau secara herbal. Tak ada salahnya untuk mencoba cara herbal dalam penyembuhan penyakit jantung bocor.

Meski memerlukan waktu lama, jika diterapkan dengan rutin, pengobatan secara herbal akan dapat menimbulkan efek positif bagi kesembuhan penyakit jantung bocor.

Pengobatan secara herbal juga tidak menimbulkan efek samping layaknya penggunaan obat-obatan kimia, akan tetapi tetap harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengobatan herbal penyakit jantung bocor biasanya memakai obat-obatan yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tumbuhan Noni Juice atau Sarang Semut.

Dua obat herbal untuk jantung bocor tersebut telah terbukti efektif dalam menjaga kesehatan jantung dan bisa dicoba pada proses penyembuhan penyakit jantung bocor.

Sebagai upaya pencegahan penyakit jantung bocor pada bayi baru lahir, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi karena asupan gizi yang tidak terpenuhi pada janin dalam kandungan diduga menjadi penyebab utama pembentukan jantung janin yang tidak sempurna.