Gejala Jantung Iskemik dan Penyebabnya Yang Harus Anda Ketahui

0
13
jantung iskemik
jantung iskemik

Jantung Iskemik merupakan salah satu jenis dari penyakit jantung atau penyakit kardiovaskuler. Gejala jantung iskemik dan penyebabnya perlu kita ketahui dengan baik agar diri dan keluarga dapat terhindar dari penyakit berbahaya ini.

Pengertian Iskemia Secara Umum

Secara umum, Iskemia merupakan suatu kondisi di mana terjadi ketidakcukupan suplai darah ke jaringan atau organ tubuh. Adanya permasalahan pada pembuluh darah menjadi faktor utama penyebab timbulnya Iskemia.

Iskemia dapat didefinisikan pula sebagai anemia lokal yang terjadi pada area tubuh atau organ tertentu, misalnya tangan dan kaki, jantung, otak ataupun usus.

Jaringan atau organ akan mengalami defisiensi nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk menjaga sel-sel tersebut tetap hidup, dan juga dapat bekerja sesuai fungsinya dalam proses metabolisme. Kondisi Iskemia apabila tidak ditangani secara tepat dapat mengakibatkan terjadinya kematian pada sel-sel tubuh.

Penyebab Iskemia secara umum dikarenakan adanya gangguan pada pembuluh darah yang membuat pasokan darah ke jaringan atau organ jadi terhambat.

Gejala Iskemia Pada Jantung

Gejala Iskemia pada jantung dapat berupa sakit dada (angina) yang diakibatkan karena pasokan aliran darah (angina pektoris) ke otot jantung tidak tercukupi dengan baik.

Kondisi iskemia akan menjadi semakin parah apabila pasokan darah ke jantung terhenti secara total, sehingga penderita dapat mengalami serangan jantung.

Iskemia tidak hanya dapat terjadi pada jantung, tapi juga bisa dialami oleh organ atau area tubuh yang lain seperti usus, otak, maupun tungkai tangan dan kaki.

Penyebab Jantung Iskemik

Pengertian Jantung Iskemik adalah kondisi terhambatnya pasokan darah ke jantung yang diakibatkan adanya penyempitan pembuluh darah arteri jantung (pembuluh darah koroner).

Seperti halnya organ lain pada tubuh, jantung juga membutuhkan oksigen dan nutrisi untuk dapat berfungsi dengan baik memompa darah ke seluruh tubuh. Pasokan darah ke jantung harus selalu terjaga kelancarannya karena jantung harus selalu bekerja tanpa henti.

Gejala Jantung Iskemik
Gejala Jantung Iskemik

Beberapa faktor penyebab penyakit jantung iskemik antara lain kebiasaan merokok, tingginya kadar kolesterol, diabetes mellitus, dan faktor genetik atau keturunan. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan faktor umum yang sering menjadi penyebab penyakit Jantung Iskemik:

1. Faktor Lingkungan dan Gaya Hidup Tidak Sehat

Faktor ini merupakan akumulasi dari berbagai pola hidup yang salah, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung kolesterol tinggi, berat badan berlebih, kebiasaan merokok, serta konsumsi minuman beralkohol.

2. Faktor Genetik atau Keturunan

Jika dalam keluarga Anda ada yang menderita penyakit jantung iskemik, maka risiko Anda menderita penyakit jantung iskemik juga akan semakin tinggi. Segera lakukan upaya pencegahan sejak dini agar Anda terhindari dari penyakit jantung iskemik.

3. Sering Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Garam yang Tinggi

Seperti kita ketahui, asupan makanan yang banyak mengandung garam dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi). Jantung Iskemik juga bisa diakibatkan karena hipertensi. Mereka yang memiliki kondisi hipertensi berisiko sangat besar untuk terkena penyakit Jantung Iskemik.

4. Kebiasaan Merokok

Jika Anda adalah perokok, sebaiknya berhentilah mulai dari sekarang karena merokok adalah kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat mengakibatkan Anda terkena penyakit jantung iskemik.

Efek rokok pada sistem kardiovaskuler antara lain:

  • Kandungan nikotin pada rokok memiliki efek secara langsung terhadap arteri koronaria dan platelet darah.
  • Intensitas karbon monoksida yang mengikat pada darah akan mengurangi kadar oksigen dan membuat jantung serta organ tubuh lainnya tidak mendapat suplai oksigen dengan baik sehingga dapat mengakibatkan kondisi iskemia.

5. Konsumsi Minuman Beralkohol

Hentikan kebiasaan Anda mengonsumsi minuman beralkohol, karena selain dapat mengakibatkan kerusakan hati, juga meningkatkan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah sehingga risiko Anda terkena Jantung Iskemik akan semakin tinggi.

6. Faktor Risiko Lainnya

Selain fakto-faktor penyebab jantung iskemik di atas, sejumlah faktor kecil lainnya seperti usia dan jenis kelamin, juga dapat menyebabkan penyakit jantung iskemik.

Gejala Penyakit Jantung Iskemik yang Mesti Diwaspadai

Pembuluh darah koroner (arteri koroner) bertugas memsuplai darah ke jantung. Tidak lancarnya pasokan darah menuju jantung inilah yang menjadi penyebab penyakit jantung iskemik.

Beberapa gejala dapat mengindikasikan seseorang menderita Jantung Iskemik. Berikut ini adalah gejala penyakit jantung iskemik yang mesti kita waspadai:

  • Sering merasa kelelahan yang berlebih merupakan indikasi awal dari penyakit jantung iskemik.
  • Nafsu makan menurun secara drastis.
  • Adanya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.
  • Kondisi sering mengalami sesak napas.
  • Sakit kepala, nyeri dada, mual, dan sering muntah.
  • Adanya peningkatan denyut jantung tanpa sebab.

Dari penyebab dan gejala jantung iskemik di atas, upaya pencegahan harus kita lakukan mulai dari sekarang. Cara mencegah penyakit jantung iskemik secara sederhana ialah dengan menerapkan pola makan sehat, hindari konsumsi makanan mengandung lemak tinggi.

Selain itu juga rajin berolahraga agar kebugaran tubuh dan jantung tetap terjaga. Olahraga juga berguna untuk memperkuat sistem kardiovaskuler dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol karena menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan yang begitu besar.

Pengobatan jantung iskemik dapat dilakukan secara medis maupun metode pengobatan herbal. Akan tetapi Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelumĀ  menerapkan cara pengobatan jantung iskemik secara herbal supaya terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.