Cara Membedakan Jantung Nyeri dan Nyeri Dada Biasa

0
16
Jantung Nyeri
Jantung Nyeri

Jantung Nyeri merupakan penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Pengertian jantung nyeri sendiri hampir sama dengan sakit jantung, dimana penyebabnya ialah terhambatnya pasokan darah yang menuju ke jantung.

Adanya penggumpalan darah, tingginya kadar kolesterol, dan penumpukan lemak pada aliran darah merupakan penyebab utama dari penyakit jantung nyeri.

Jantung nyeri dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung, apabila kondisi ini tidak cepat ditangani dengan baik maka bisa berakibat fatal bagi keselamatan nyawa penderita jantung nyeri.

Namun demikian nyeri dada tidak sama dengan jantung nyeri. Tidak semua nyeri dada merupakan gejala dari jantung nyeri. Lantas, bagaimana cara membedakan nyeri dada biasa dengan penyakit jantung nyeri? Berikut ini kami berikan penjelasannya untuk Anda!

Ciri-ciri Nyeri Dada yang Bukan Penyakit Jantung Nyeri

Tidak semua nyeri dada berasal dari jantung, meskipun untuk membedakannya memang agak sulit. Ada berbagai gangguan organ yang bisa menyebabkan nyeri dada, seperti paru-paru, otot dada, tulang rusuk, syaraf, maupun saluran pencernaan.

Setiap nyeri yang terjadi pada organ-organ tersebut memiliki ciri khas masing-masing sehingga dokter dapat membedakan setiap penyebab nyeri yang timbul.

Nah, berikut ini merupakan ciri-ciri nyeri dada yang bukan disebabkan karena jantung nyeri:

  • Penyakit tulang belakang: Timbulnya rasa nyeri di dada disebabkan oleh saraf tulang belakang yang terjepit.
  • Kanker Paru-paru: Nyeri dada timbul karena adanya kanker pada paru-paru, terutama bila sel-sel kanker telah melebar hingga tulang rusuk.
  • Emboli atau bekuan darah pada paru-paru: Nyeri dada yang muncul terasa amat dalam disertai sesak napas yang ekstrem.
  • Gangguan pada Paru-paru Pneumothorax: Nyeri dada yang muncul juga disertai sesak napas yang ekstrim.
  • Penyakit Asam Lambung: Pada beberapa kasus penyakit asam lambung yang naik kerongkongan dapat menyebabkan rasa mulas, dan sensasi nyeri di bawah tulang dada.
  • Adanya tulang rusuk yang patah akibat kecelakaan: Nyeri dada juga dapat muncul akibat adanya tulang rusuk yang patah, biasanya muncul ketika batuk atau saat mengambil napas dengan dalam.
  • Penyakit Herpes Zoster: Nyeri yang terjadi lebih tepatnya berada di tulang rusuk dengan ditandai adanya ruam-ruam merah.
  • Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA): Nyeri dada akan muncul saat batuk.
  • Sensasi nyeri pada otot atau tulang dada: Biasanya terjadi saat seseorang melakukan aktivitas atau olahraga terlalu berat.

Ciri-ciri Jantung Nyeri yang Menyebabkan Sakit diĀ  Dada

Jantung Nyeri bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab yang paling sering ialah adanya pembuluh darah jantung (arteri koroner) yang tersumbat sehingga pasokan darah ke jantung menjadi terhambat.

Penyakit jantung nyeri juga sering dikaitkan dengan jantung koroner karena memiliki gejala dan penyebab yang sama.

Saat darah yang mengalir ke jantung tersumbat, maka sensasi nyeri yang ditimbulkan akan semakin hebat dan dapat berakibat pada kerusakan jantung secara permanen.

Selain penyebab karena adanya sumbatan pada arteri koroner, jantung nyeri juga bisa disebabkan karena hal lain, seperti adanya infeksi otot jantung (miokarditis), infeksi selaput jantung (perikarditis), hingga adanya kerusakan pada katup jantung sehingga menimbulkan jantung nyeri.

Ciri-ciri Penyakit Jantung Nyeri

Nyeri dada yang diakibatkan Jantung Nyeri memiliki ciri khas tertentu. Ciri-ciri penyakit jantung merupakan hal penting yang harus diketahui agar cepat mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut ini kami berikan ciri-ciri penyakit jantung yang perlu diwaspadai, segera ambil keputusan untuk mencari pertolongan dokter apabila Anda menemukan gejala berikut ini:

  • Nyeri dada pada penyakit jantung nyeri biasanya akan muncul saat jantung bekerja lebih keras, seperti saat berolahraga, ataupun beraktivitas berat.
  • Rasa nyeri dada yang muncul berulang kali memiliki sensasi yang cenderung sama.
  • Rasa nyeri dada akibat penyakit jantung biasanya akan dirasakan sekitar 5 sampai 10 menit lebih, tergantung tingkat keparahan dari penyakit jantung yang diderita.
  • Jantung nyeri biasanya dapat berkurang dengan istirahat atau minum obat-obatan.
  • Rasa nyeri dada pada penyakit jantung dapat menjalar ke leher, lengan, sampai ke punggung.
  • Jantung nyeri dapat disertai dengan keluarnya keringat dingin.
  • Sensasi nyeri dada pada penyakit jantung seperti diremas atau seperti ditindih beban berat.

Ciri-ciri jantung nyeri di atas masih termasuk gejala ringan, namun dapat menjadi parah apabila tidak tertangani dengan baik.

Penanganan Pada Penderita Jantung Nyeri

Apabila terdapat salah satu atau beberapa gejala seperti yang telah disampaikan di atas, maka segera lakukan penanganan agar kerusakan otot jantung tidak makin meluas dan mengakibatkan gangguan fungsi jantung yang semakin parah.

Pasien jantung nyeri yang mengalami serangan jantung harus segera di bawa ke Unit Gawat Darurat (UGD) secepatnya. Idealnya, pasien harus mendapatkan penanganan secara medis dalam waktu kurang dari 60 menit. Jangan sampai melebihi 120 menit karena dapat mengakibatkan kematian.

INI DIA MAKANAN SEHAT UNTUK JANTUNG…