15 Penyebab Jantung Bengkak yang Harus Dihindari

0
147
penyebab jantung bengkak
penyebab jantung bengkak

Jantung bengkak merupakan salah satu jenis dari penyakit jantung atau penyakit kardiovaskuler dimana terjadi pembengkakan pada jantung yang dikarenakan adanya kerusakan atau gangguan pada otot jantung.

Dalam istilah medis, jantung bengkak disebut juga dengan Cardiomegali. Pembengkakan jantung mengakibatkan ukuran jantung menjadi lebih besar dari ukuran normal, diagnosa dapat diketahui ketika pasien memeriksakan diri ke dokter dan dilakukan rontgen pada dada pasien.

jantung bengkak
jantung bengkak

Apa Penyebab Jantung Bengkak?

Setidaknya ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang berisiko terkena penyakit jantung bengkak. Penyebab-penyebab jantung bengkak tersebut bisa Anda simak pada penjelasan kami di bawah ini!

1. Penderita Penyakit Katup Jantung

Penderita penyakit katup jantung bila tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan jantung bengkak. Penyakit katup jantung adalah kondisi terjadinya disfungsi salah satu atau beberapa dari 4 katup yang terdapat di jantung.

Tidak berfungsinya salah satu atau beberapa katup jantung mengakibatkan gangguan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke jantung maupun seluruh tubuh.

2. Kondisi Tekanan Darah Tinggi

Kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi memiliki kaitan erat dengan penyebab jantung bengkak. Tekanan darah tinggi akan membuat jantung bekerja terlalu keras untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh.

Kondisi hipertensi bila berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan pembengkakan atau penebalan pada otot-otot jantung.

3. Adanya Gangguan Pada Otot Jantung

Jantung yang bekerja terlalu berat dapat mengakibatkan gangguan pada otot-otot jantung. Otot jantung akan menebal dan menjadi kaku sehingga menyebabkan pembengkakan jantung.

4. Kondisi Anemia atau Kekurangan Sel Darah Merah

Pasien dengan penyakit anemia dapat berisiko terkena penyakit jantung bengkak karena kurangnya pasokan sel darah merah dapat membuat jaringan tubuh kekurangan oksigen dan nutrisi sehingga membuat kerja jantung menjadi lebih berat.

Denyut jantung menjadi tidak teratur, biasanya menjadi lebih cepat dari kondisi normal. Kondisi ini bila berlangsung terus-menerus dapat menjadi penyebab penyakit jantung bengkak.

5. Penderita Penyakit Amiloidosis

Penyakit Amiloidosis memang tergolong langka. Penyakit ini menimbulkan penumpukan protein abnormal pada bagian beberapa bagian tubuh, khususnya pada jantung. Ketika terjadi penumpukan protein abnormal pada jantung, maka dapat menyebabkan penyakit jantung bengkak.

6. Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Kondisi Hypertiroid ataupun hipotyroid dapat menyebabkan gangguan pada jantung, salah satunya adalah penyakit jantung bengkak.

7. Terlalu Banyak Duduk dan Jarang Olahraga

Bekerja dengan cara terlalu lama duduk, dan jarang olahraga dapat menjadi penyebab berbagai masalah jantung, salah satunya adalah penyakit jantung bengkak.

8. Adanya Kelainan Jantung Sejak Lahir

Gangguan pada jantung yang dialami sejak lahir memang tak dapat dihindari. Kondisi ini dapat mengakibatkan berbagai komplikasi pada jantung, salah satunya adalah penyakit jantung bengkak.

9. Mengalami Penyakit Lemah Jantung

Penyakit lemah jantung merupakan kondisi dimana otot-otot jantung tidak dapat bekerja secara optimal. Kondisi ini dapat terjadi karena kerja jantung yang bekerja terlalu berat dan berlangsung dalam waktu lama. Gangguan pada otot-otot jantung dapat menyebabkan pembengkakan pada struktur jantung.

10. Adanya Penumpukan Cairan di Sekitar Area Jantung

Adanya akumulasi cairan yang menumpuk di sekitar area jantung akibat komplikasi dari penyakit lain bisa menjadi salah satu penyebab jantung bengkak.

11. Penderita Jantung Koroner (Arteri Koroner)

Penyakit Jantung Koroner disebabkan karena adanya plak atau lemak yang melekat pada pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke jantung.

Kondisi ini membuat pasokan oksigen ke jantung terhambat, dan dapat membuat kerja jantung mengalami gangguan bahkan lebih parah, pasien bisa mengalami gagal jantung.

Jantung bengkak juga menjadi salah satu komplikasi dari penyakit jantung koroner akibat kerja jantung yang terlalu berat.

12. Penyakit Infeksi pada Jantung

Infeksi pada jantung, salah satunya seperti miokarditis dapat mengakibatkan gangguan pada jantung yang juga dapat berimbas pada pembengkakan jantung.

13. Pasien Penyakit Jantung Iskemik

Jantung iskemik adalah salah satu penyakit kardiovaskuler yang menimbulkan rusaknya sel-sel pada jantung. Komplikasi dari penyakit ini juga dapat menjadi penyebab jantung bengkak.

14. Kondisi Obesitas

Pola makan tidak sehat, bekerja terlalu lama dalam kondisi duduk, dan jarang olahraga dapat mengakibatkan kondisi obesitas atau berat badan berlebih.

Seperti kita ketahui ada berbagai masalah kesehatan yang bisa diakibatkan dari kelebihan berat badan, seperti diabets, hipertensi, dan juga berbagai masalah atau gangguan pada jantung.

15. Faktor Usia

Faktor usia yang semakin tua dapat menjadi risiko seseorang dapat terkena penyakit jantung bengkak. Hal ini dikarenakan semakin menurunnya elastisitas pembuluh darah arteri dan lambat laun otot-otot jantung akan menebal dan menjadi kaku sehingga menyebabkan jantung bengkak.

Itulah 15 penyebab dari penyakit jantung bengkak. Beberapa penyebab ada yang memang tidak bisa dihindari, namun dengan kita mengetahuinya upaya pencegahan bisa kita lakukan sejak dini sehingga terhindari dari bahaya penyakit jantung bengkak.

Kenali Gejala Pembengkakan Jantung yang Sering Diabaikan